Tujuh Tips Memilih Asuransi Jiwa

7 Tips Memilih Asuransi Jiwa
Jika memang Anda belum memiliki asuransi jiwa dan ingin memiliki asuransi jiwa, dibawah ini ada 7 tips untuk memilih asuransi jiwa.

1 Hitung Dulu Kebutuhan Keluarga Anda
Salah satu yang terpenting dari memilih asuransi jiwa adalah Anda harus mengetahui terlebih dahulu berapa kebutuhan Anda dan keluarga jika terjadi risiko yang tidak diinginkan.
Anda dapat menghitung kebutuhan keluarga Anda dengan menghitung penghasilan atau pengeluaran bulanan Anda.
Kenapa pengeluaran bulanan? Karena jika terjadi risiko seperti meninggal dunia atau sakit kritis ataupun risiko lainnya, kebutuhan bulanan Anda dan keluarga tetap harus dipenuhi.
Anda dapat mengalikan dengan cara manual sebanyak jumlah tahun dimana Anda ingin uang pertanggungan asuransi membiayai kebutuhan keluarga Anda (tanpa menghitung inflasi atau tingkat pengembalian investasi yang ada).
2 Buat Anggaran Untuk Asuransi Anda
Asuransi jiwa memang penting, tetapi jika untuk membeli asuransi jiwa, membuat Anda kesulitan dengan cash flow atau arus kas keuangan keluarga Anda, tentu hal tersebut juga bukanlah hal yang baik.
Oleh karena itu, sebelum memilih asuransi jiwa, Anda harus terlebih dahulu membuat anggaran untuk asuransi Anda. Andalah yang menentukan seberapa besar Anda ingin membayar premi asuransi jiwa, tetapi tidak mengganggu cash flow Anda.
Setelah itu Anda dapat mencari produk asuransi jiwa berdasarkan anggaran Anda yang juga dapat mencukupi kebutuhan asuransi jiwa Anda dan keluarga.
3 Pahami Produk Asuransi Yang Ditawarkan Kepada Anda
Ada banyak sekali produk asuransi yang beredar di masyarakat. Mulai dari produk asuransi jiwa tradisional sampai dengan produk asuransi jiwa unitlink, semuanya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Anda harus dapat memilih produk yang sesuai dengan anggaran Anda dan dapat memenuhi kebutuhan asuransi jiwa keluarga Anda.
Produk asuransi jiwa tradisional seperti asuransi jiwa berjangka lebih mudah dipahami jika dibandingkan dengan asuransi jiwa dwiguna (endowment) atau asuransi jiwa unitlink.
Jika Anda ditawarkan unitlink, Anda juga harus memahami apa saja manfaat dan fitur yang Anda dapatkan, serta biaya-biaya yang dibebankan kepada Anda.

4 Utamakan Manfaat Yang Anda Dapatkan
Dalam membeli asuransi jiwa, yang terpenting adalah manfaat uang pertanggungan yang akan Anda dapatkan. Karena ketika terjadi suatu risiko, uang pertanggungan yang akan membantu Anda dan keluarga Anda.
Manfaat uang pertanggungan di dalam asuransi jiwa memiliki nilai yang dijamin.
Oleh karena itu, meskipun ada beberapa produk asuransi jiwa yang memiliki tabungan ataupun investasi, tetap saja yang menjadi hal utamanya adalah manfaat yang dapat diberikan oleh asuransi jiwa tersebut pada saat risiko datang.
Anda harus mengutamakan manfaat yang dapat Anda peroleh pada saat memilih produk asuransi jiwa.
5 Bandingkan Beberapa Produk Asuransi Dari Perusahaan Yang Berbeda
Semakin banyaknya perusahaan asuransi yang menawarkan berbagai produk dan manfaat membuat Anda memiliki lebih banyak pilihan.
Jangan hanya terpaku kepada satu perusahaan asuransi saja.
Anda sebaiknya mencari informasi tentang perusahaan asuransi lainnya dan membandingkan produk-produk asuransi mereka.
Beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam membandingkan produk asuransi antara lain premi yang harus dibayarkan, manfaat yang ditawarkan, prosedur klaim yang ada, dan fitur-fitur lainnya dari produk yang ditawarkan.
6 Lihat Kredibilitas Perusahaan Asuransi
Asuransi adalah produk jangka panjang. Karena sifatnya jangka panjang, Anda sebaiknya memilih perusahaan asuransi yang kredibel.
Cara mudah untuk melihat kredibilitas perusahaan adalah dengan melihat pengalaman mereka dalam menangani jasa asuransi kesehatan dan proses klaimnya.
7 Ketahui Syarat-Syarat Klaim Asuransinya
Tips terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah Anda harus mengetahui persyaratan klaim dari asuransi jiwa yang Anda pilih.
Karena asuransi hanya akan berguna jika pada saat terjadi risiko, Anda dapat mengklaim uang pertanggungan yang tertera di dalam polis asuransi jiwa Anda.
Oleh karena itu, akan jauh lebih baik jika Anda setidaknya mengetahui sebagian dari persyaratan klaim yang harus dipenuhi agar klaim Anda berjalan dengan lancar.
Anda juga harus mengetahui pengecualian apa saja yang dapat membuat klaim Anda tidak diterima atau ditolak. Itu merupakan bagian dari persyaratan klaim yang harus Anda ketahui.

Dari penghasilan Anda, Anda dapat menghitung kebutuhan uang pertanggungan asuransi jiwa Anda nantinya.

Mari sisihkan penghasilan anda untuk menabung di Tapro Allianz baik syariah maupun non syariah.

Untuk Konsutasi gratis silahkan hubungi saya:
Desiderius Bir
Bussiness Executive Allianz
HP/WA: 08114855105│ Email: desideriusland@gmail.com│Blog: gosejahtera.com

Sumber: https://www.finansialku.com/asuransi-jiwa-untuk-karyawan/