Perbedaan Asuransi Jiwa Term Life vs Asuransi Jiwa Unit Link

Kebanyakan calon nasabah menanyakan asuransi murni (Term Life), yaitu asuransi jiwa murni tanpa investasi, yang memberikan perlindungan dalam jangka waktu tertentu saja. Mereka adalah orang-orang terdidik yang terbuka terhadap informasi dari berbagai sumber, terutama internet dan perkembangan tehnlogi saat ini
Beberapa teori perencanaan keuangan (tidak semua) menyarankan agar asuransi dan investasi dipisah. Asuransinya ambil asuransi jiwa murni, investasinya di tempat lain (reksadana, saham, emas, dll). Saya setuju dengan saran ini, namun tidak semuanya saya setuju jika anda beranggapan kalau mengambil asuransi jiwa + investasi (Unit Link) dianggap tujuannya investasi, bukan proteksi.
Disini saya harus tegaskan sebagai agen asuransi yang lebih menawarkan dan menjual Unit Link kepada setiap orang, bahwa Asuransi Jiwa Unit Link tujuannya adalah sebagai PROTEKSI, bukan INVESTASI. Adanya unsur investasi dalam asuransi ini memiliki fungsi yang penting untuk proteksi nasabah di masa mendatang. Jikalau kita paham fungsinya, pasti kita akan paham betapa pentingnya asuransi jiwa + investasi (Unit Link).
Berikut beberapa pemahaman tentang asuransi Term Life vs asuransi Unit Link:
1.Term Life atau Unit Link hanyalah skema. Dalam hal asuransi, yang seharusnya dicari adalah manfaatnya

Ada banyak skema dalam produk asuransi. Ada yang murni dan hangus, ada yang pakai tabungan, ada yang digabung investasi, ada juga menjanjikan premi kembali jika tidak ada klaim, dan seterusnya
Pertanyaannya: mau cari skema atau manfaat? Skema terbaik? vs menfaat terbaik?
Hubungannya dengan Term life vs Unit link, sederhana saja: Jika manfaat yang diinginkan ada di asuransi jiwa Term Life dan harganya sesuai, silahkan ambil Term Life. Tapi jika manfaat yang diinginkan hanya ada di Unit Link, memilih Term Life hanya akan menimbulkan anda kurang terlindungi. Terutama jika anda sehat selama masa kontrak.
Contoh:
banyak nasabah saya yang telah memiliki asuransi jenis Term Life, tapi mereka tetap ambil Unit Link TAPRO Allianz. Kenapa? Karena mereka ingin mendapatkan manfaat proteksi yang lengkap, yang menyeluruh, fleksibel untuk memilih cara setoran preminya, premi tetap flat sampai seterusnya (tidak berubah), bisa menentukan besar kecilnya uang pertanggungan dari tiap manfaat yang dibutuhkan, dan memiliki masa proteksi yang lebih panjang, serta memiliki saldo investasi jika dia sehat maupun mengalami resiko (saya selalu katakan nilai investasi sebagai bonus tambahan).
2. memilih Unit Link bukan berarti berniat untuk investasi. Tujuannya tetap asuransi/proteksi, adapun tujuan berinvestasi silahkan di tempat lain.
Tapi kan Unit Link ada investasinya? Benar, namun unsur investasi di sini terutama berfungsi sebagai deposit atau dana cadangan untuk membayari biaya-biaya asuransi anda, dan bukan untuk diambil untuk keperluan lain. Dana cadangan ini memiliki manfaat yang sangat penting, di antaranya melindungi Polis nasabah supaya tidak langsung lapse jika suatu ketika Pemegang Polis mungkin mengalami lupa setor atau sedang kesulitan keuangan. Selama saldo atau dana cadangan masih ada, walaupun tidak setor premi selama beberapa bulan atau beberapa tahun pun, perlindungan asuransi masih tetap berlaku/aktif.
Jika ada agen asuransi yang menawarkan dan menjual Unit Link yang memberi penjelasan dengan menjamin nilai investasi ke depan yang sesuai di ilustrasi atau memberikan suatu iming2 nilai investasi, saya akan tegaskan mengatakan bahwa agen tersebut tidak paham fungsi investasi dalam asuransi Unit Link dan tidak paham arti asuransi sebagai proteksi/manajemen resiko. Karena jelas dalam ilustrasi maupun Polis, bahwa nilai investasi TIDAK DIJAMIN, tapi manfaat proteksi yang DIJAMIN oleh perusahaan asuransi. Dimanapun anda berinvestasi, tetap tidak akan dijamin nilai investasinya ke depan. Tapi pada prinsipnya adalah nilai investasi akan terbentuk dalam jangka panjang (High Risk, High Return).
Dengan demikian , sebenarnya siapa yang salah ? asuransi Unit Link atau agen asuransi ?
3., Unit Link pun ada Term Life.
Salah satu promo saya adalah 15 ribu perhari mempunyai aset UP 1 Milyar.Dalam proposal ilustrasinya, UP 1 M ini diperoleh dari gabungan Asuransi Jiwa Dasar dan manfaat Term Life. Asuransi jiwa dasarnya berlaku seumur hidup, sedangkan manfaat Term Life berlaku hingga usia 70 tahun. Jika tutup usia sebelum usia 70 tahun, akan diperoleh uang pertanggungan kedua manfaat tersebut + saldo investasi yang ada pada saat itu. Jika tutup usia lebi dari usia 70 tahun, masih ada uang pertanggungan jiwa dasar + saldo investasi. Yang seperti ini tidak ada pada asuransi murni (Term Life). Dan Aset yang diterima pun akan lebih dari UP 1M, karena adanya bonus saldo investasi yang ada pada saat itu.
4. Unit Link tidak selalu mahal, dan Term Life pun tidak selalu murah.
Di atas semua keributan mengenai Term Life vs Unit Link, terdapat kesan bahwa Unit Link itu mahal. Mungkin sedikit ada benarnya, namun tidak seluruhnya. Ada Unit Link yang murah, dan ada Term Life yang mahal. Contohnya di Allianz, harga Unit Link lebih murah daripada Term Life dan manfaatnya pun lebih baik, lebih lengkap, lebih fleksibel dan lebih menguntungkan. Itulah sebabnya saya lebih suka menawarkan Unit Link. Karena saya tahu, sebenarnya asuransi Unit Link ini dibutuhkan bagi setiap orang jika memahaminya dan menfaatnya lebih komprehensif
Unit Link TAPRO dapat dimaksimalkan manfaatnya sehingga harganya dapat bersaing dengan asuransi jiwa murni, ditambah memiliki sejumlah kelebihan yang tidak ada pada term life.
mungkin Unit Link ada terlihat mahal, itu hanya pada awal-awal tahun saja, tetapi nanti di masa mendatang 5 sampai puluhan tahun kedepan Unit Link akan terlihat lebih murah dari asuransi jiwa murni (Term Life). Dikarenakan preminya yang flat/tetap (tidak ada kenaikan premi atau perubahan).
5. banyak lagi kelebihan Unit Link, khususnya program TAPRO dari Allianz, dibandingkan Term Life atau asuransi jiwa murni.
Di antaranya masa pertanggungan yang lebih panjang (hingga seumur hidup untuk proteksi jiwanya), rider atau manfaat tambahan yang lengkap dan dengan uang pertanggungan yang maksimal, fleksibel dalam menentukan uang pertanggungan, tersedia juga produk syariah, dan ada investasinya sehingga premi tidak seluruhnya hangus bahkan bisa lebih dari modal dan premi tetap flat.
Berbicara tentang sisi kesyariahan suatu produk, produk jenis Term Life saat ini hampir tidak ada yang berakad syariah, kecuali yang dikeluarkan perusahaan asuransi murni syariah.
Kesimpulan
mayoritas perusahaan asuransi membekali produk Unit Linknya dengan manfaat tambahan yang bagus-bagus, yang lebih komprehensif atau multiguna
sementara asuransi jiwa murni dibiarkan tanpa peningkatan. Oleh karena itu, orang yang bersikukuh menginginkan asuransi jiwa murni akan menghadapi resiko membeli produk yang kurang lengkap dan kurang maksimal perlindungannya sehingga dampaknya jika terkena sakit kritis harus membayar biaya lagi artinya mengeluarkan uang extra lagi
Saya dan keluarga saya sudah memiliki polis asuransi di Asuransi Allianz ( Asuransi nomor dua terbaik di Dunia , Bagimana dengan Anda?
ILUSTRASI PROGRAM GRATIS Akan Kami Kirim Untuk Anda Tanpa Biaya, Berlaku Untuk Anda di Seluruh Wilayah Indonesia.
MARI BERASURANSI…
Saya Siap Membantu Anda Mendapatkan Polis Asuransi di Allianz

Hubungi Mr. Bir
WA/HP :08114855105
Email: desideriusland@gmail.com

Nikmati Ongkos kirim gratis apabila anda memesan Asuransi Allianz melalui kami, Agent Asuransi Allianz di Jakarta

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *