8 Tips Jitu Mendapatkan Asuransi Jiwa dengan Premi Murah dan Sesuai Budget

Jika saat ini Anda sedang mencari asuransi jiwa dengan premi yang murah dan sesuai budget Anda, mari simak tips-tips berikut ini.

Pengertian Asuransi Jiwa
Menurut AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia), Asuransi Jiwa adalah program perlindungan dalam bentuk pengalihan risiko ekonomis atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.

Sederhananya, asuransi jiwa merupakan perlindungan terhadap penghasilan bagi keluarga apabila terjadi risiko kehilangan pendapatan karena pencari nafkah meninggal dunia.

Dalam menyusun perencanaan keuangan, tentunya peran asuransi jiwa sangat penting bagi keluarga. Namun, masih banyak orang yang belum memilikinya, bahkan belum berencana untuk membeli asuransi jiwa.

Pentingnya Asuransi Jiwa Bagi Keluarga
Tentunya kita harus paham dulu mengapa perlu membeli asuransi jiwa, terutama bagi seorang pencari nafkah.

Survei menyatakan bahwa 1 dari 29 anak kehilangan orangtuanya sebelum mereka beranjak dewasa.

Sedihnya, kehilangan ini diikuti pula dengan kehilangan pendapatan dan menyebabkan krisis secara finansial bagi keluarga yang ditinggalkan.

8 Tips Jitu Asuransi-Jiwa-Murah-

Sebagai seorang kepala keluarga atau pemberi nafkah bagi keluarga, tentunya kita ingin keluarga dan orang-orang yang kita cintai terproteksi secara finansial.

Untuk itulah asuransi jiwa diperlukan sebagai antisipasi pengalihan risiko kehilangan pendapatan bagi keluarga apabila pemberi nafkah meninggal dunia.

Tips Jitu Membeli Asuransi Jiwa Murah dan Sesuai Budget
Banyak alasan seseorang tidak memiliki asuransi, salah satunya adalah karena menganggap premi asuransi mahal dan tidak sesuai dengan budget keuangan mereka.

Dengan mengikuti tips-tips berikut ini, Anda bisa mendapatkan premi asuransi yang murah dan sesuai budget, lho:

Tips #1 Mengikuti Program Asuransi Jiwa Sejak Muda
Semakin muda usia Anda, premi asuransi yang harus Anda bayarkan akan semakin kecil.

Orang yang mengambil program asuransi jiwa di usia 20-an, akan mendapatkan premi yang jauh lebih murah dibandingkan jika baru mengambil di usia 30 atau 40-an.

Jadi, jika Anda telah atau akan memiliki tanggungan, sebaiknya ambillah program asuransi jiwa sedini mungkin.

Salah satu alasan terbesar adalah karena preminya pasti jauh lebih murah. Ditambah lagi, kita tidak pernah tau bagaimana kondisi kesehatan kita nantinya.

Tips #2 Memilih Asuransi Jiwa Term Life
Asuransi jiwa term life (asuransi jiwa berjangka) memiliki fungsi untuk memberikan proteksi dalam jangka waktu tertentu. Biasanya asuransi ini akan menawarkan kontrak 5, 10, 15, 20 tahun dan seterusnya.

Asuransi jiwa term life cocok bagi Anda yang memiliki kebutuhan asuransi namun memiliki budget yang terbatas.

Contohnya, Anda ingin memproteksi dana pendidikan untuk anak Anda, dan diprediksi anak Anda selesai kuliah dan dapat mandiri secara finansial sekitar 10 tahun lagi.

Maka pilihlah asuransi jiwa term life dengan waktu pertanggungan 10 tahun saja yang dapat memproteksi hingga anak Anda selesai kuliah dan dapat mandiri secara finansial.

Dengan begitu, premi yang Anda bayarkan akan menjadi jauh lebih murah di bandingkan Anda mengambil asuransi jenis lainnya.

Tips #3 Hindari Asuransi Jiwa Whole Life
Asuransi jiwa whole life (asuransi jiwa seumur hidup) merupakan asuransi jiwa yang memberikan perlindungan seumur hidup (biasanya hingga usia 100 tahun).

Premi yang harus dibayarkan untuk asuransi jiwa whole life ini lebih besar ketimbang premi asuransi jiwa jenis lainnya karena semakin panjang waktu proteksi berjalan, tentunya premi yang di bayarkan juga akan semakin mahal.

Tips #4 Menentukan Jumlah Uang Pertanggungan yang Tepat
Dalam mengambil program asuransi jiwa, Anda perlu menghitung jumlah uang pertanggungan yang tepat sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda.

Jangan lupa pertimbangkan pula jumlah tanggungan dan kebutuhan dana apa saja yang akan muncul di masa depan.

Hal ini ditujukan agar Anda tidak membeli asuransi lebih dari kebutuhan Anda (overinsured) yang dapat menyebabkan premi yang harus Anda bayarkan menjadi lebih mahal.

Tips #5 Hindari Riders yang Tidak Perlu
Rider adalah manfaat tambahan pada produk asuransi jiwa. Setiap perusahaan asuransi jiwa menawarkan berbagai rider untuk nasabahnya. Untuk penjelasan tentang jenis dan macamnya, silakan baca artikel Finansialku berikut: Mengenal Rider Asuransi Jiwa

Jika program asuransi jiwa yang ditawarkan kepada Anda memiliki fasilitas rider, maka hanya pilih rider yang memang sesuai kebutuhan Anda.

Meski begitu, Anda tidak perlu memilih rider tersebut jika memang tidak dibutuhkan. Uang tersebut pun dapat Anda alokasikan untuk menambah jumlah pertanggungan asuransi jiwa.

Tips #6 Bandingkan Premi dan Fasilitas dan Beberapa Perusahaan Asuransi
Dalam menentukan dalam membeli produk asuransi, memiliki banyak pilihan tentunya akan lebih baik bagi Anda untuk memutuskan produk terbaik bagi Anda.

Mintalah quotation atau ilustrasi manfaat dari beberapa perusahaan-perusahaan asuransi jiwa ternama.

Setelah mendapat quotation tersebut, cek juga reputasi finansial dari perusahaan tersebut. Pilihlah program asuransi dari perusahaan yang memiliki program yang cocok bagi Anda dan juga kondisi keuangan yang baik.

Tips #7 Miliki Gaya Hidup yang Sehat
Jika perusahaan asuransi menganggap Anda memiliki risiko yang besar untuk klaim (biasanya dilihat dari history kesehatan, pekerjaan, dan lifestyle Anda), maka Anda dapat dikenakan tarif premi yang lebih tinggi.

Seorang perokok akan dikenai tarif premi yang lebih tinggi daripada yang bukan perokok. Seorang yang telah memiliki history kesehatan yang buruk juga akan dikenakan tarif premi yang lebih tinggi.

Jadi, jagalah kesehatan Anda dan gantilah lifestyle Anda menjadi lebih sehat agar bisa mendapatkan tarif premi asuransi yang murah.

Tips #8 Hindari Hobi-Hobi yang Membahayakan
Bagi tertanggung yang memiliki hobi atau profesi berbahaya, perusahaan asuransi juga akan menerapkan premi yang lebih tinggi.

Misalnya jika Anda memiliki hobi seperti skydiving, scuba diving, racing, atau memiliki pekerjaan berbahaya misalnya di daerah pertambangan, perusahaan asuransi menganggap hal tersebut memiliki risiko yang tinggi terhadap keselamatan tertanggung.

Oleh sebab itu, dengan pertimbangan risiko lebih tinggi, maka premi yang dikenakan juga menjadi lebih tinggi.

Tidak Perlu Premi Mahal untuk bisa Terproteksi Secara Finansial
Tips-tips di atas menunjukkan bahwa dengan pemilihan yang tepat dan sesuai kebutuhan, terproteksi secara finansial tidak harus mahal.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir harus membayar premi mahal untuk mendapatkan program asuransi jiwa yang memadai. Dan jangan lupa, teliti sebelum membeli!

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda dalam mendapatkan asuransi jiwa murah dan sesuai budget. Silahkan membagikan artikel ini agar dapat bermanfaat juga bagi teman dan kerabat Anda.

Mari Menabung Di Tapro Allianz di saat anda masih kerja dan masih produktif dan sisihkan tabung anda untuk menabung di Tapro Allianz dan tersedia Allianz Syariah dan non Syariah dengan premi yang sangat terjangkau mulai dari 300 ribu perbulan.
Untuk Konsutasi gratis silahkan hubungi saya:
Desiderius Bir
Bussiness Executive Allianz
HP/WA: 08114855105│ Email: desideriusland@gmail.com│Blog: gosejahtera.com
Nomor Lisensi: 11136394S
Nikmati Ongkos kirim gratis apabila anda memesan Asuransi Allianz melalui kami, Agent Asuransi Allianz di Jakarta

Sumber: https://www.finansialku.com/premi-asuransi-jiwa-murah/